Senin, 14 Desember 2015

Pemanfaatan Sistem Informasi

Penggunaan teknologi sidik jari sebagai pencatat kehadiran mahasiswa, pencatatan menjadi lebih efektif dan efisien. Digunakan sebagai syarat mengikuti ujian, yaitu 75% mahasiswa harus menghadiri perkuliahan. Pencatatan juga digunakan sebagai bahan pembanding prestasi mahasiswa.sistem pencatatan yang digunakan saat ini kurang efektif dan efisien karena peluang mahasiswa untuk melakukan manipulasi data kehadiran tersebut terhitung masih terjadi. Bidang tata usaha juga mengalami kesulitan dalam menentukan apakah mahasiswa ini dapat mengikuti ujian atau tidak. (Suprihatin dan Nurhantara, 2011)

Customer Relationshio Management (CRM) merupakan strategi pemasaran membangun relasi yang erat antara perusahaan dengan para pelanggannya. Perusahaan dapat memanjakan pelanggan dan mengikatnya dalam sebuah persahabatan jika telah mengetahui kebutuhan dan harapan dari pelanggan tersebut. Perkembangan dunia teknologi, terutama internet tidak hanya memberikan dampak pada teknologi komunikasi dan informasi, tetapi juga memberikan kontribusi besar bagi pelaku bisnis untuk memberikan layanan pelanggan yang ditandai munculnya e-Commerce dan e-Bussiness. (Wijayanti dan Azhari, 2011)

Peran SIstem Basis Data sangatlah penting dalam pembangunan perangkat lunak dan sistem aplikasi dalam dunia bisnis. DI dalam pembangunan perangkat lunak, para perancang harus mengetahui model basis data yang baik. Disamping itu para perancang juga harus megetahui perancangan basis data yang sesuai dengan prosedur atau aturan-aturan yang sudah baku sehingga dapat menghasilkan rancangan basis data yang sesuai dengan kebutuhan pemakai dan aplikasi dalam dunia bisnis. (Bertalaya, Hurnaningsih, Rachmawati, Mustikasari dan Karyanti, 2007)

Kebutuhan akan teknologi informasi di era sekarang sudah merupakan hal umum, banyak sekali instansi dalam berbagai bidang yang memanfaatkan peran teknologi informasi untuk mempermudah pekerjaan mereka. Bisa dikatakan teknologi informasi sangat berperan penting dalam membantu memperingan perkerjaan pengolahan data dan juga dapat mengefisiensikan waktu dan aspek lainnya. (Koswara, 2013)












DAFTAR PUSTAKA

Suprihatin, & Nurhantara, A. 2011. “SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN SIDIK JARI ( STUDI KASUS PRESENSI PERKULIAHAN PS SISTEM INFORMASI FMIPA UAD)” Jurnal Sistem Informasi Indonesia,  vol 1, no 2,  pages 137 – 150.

Wijayanti, T. & Azhari, I. 2011. “PENGEMBANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEB PADA GRIYA MUSLIM” Jurnal Sistem Informasi Indonesia,vol 1, no 1, pages 13 – 20.

Bertalya, Hurnaningsih, Rachmawati, I., Ade, K., Mustikasari, M. & Karyanti, Y. (2007). Sistem Basis Data, Universitas Gunadarma, Jakarta.


Koswara, E. (2013). Visual Basic For Beginner, MediaKom, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar