Sabtu, 10 Oktober 2015

PERKEMBANGAN ANDROID

                Saat ini platform Android merupakan yang populer selain Blackberry, Windows Phone, atau IOS. Sistem operasi Android ini hampir semua orang menggunakannya pada smartphone mereka. Namun banyak yang tidak tahu bagaimana awal mula OS Android bisa begitu popular dan canggih seperti sekarang ini. Andoid merupakan sistem operasi berbasis Linux yang digunakan oleh smartphone. Sistem operasi Linux ini pertama kali dikembangkan oleh Android Inc dengan dukungan dari pihak Google, Google kemudian membeli sistem operasi Linux pada tahun 2005 dan terus dikembangkan hingga resmi dirilis pada tahun 2007.

Inilah sejarah perkembangan android dari Android Beta hingga Android Lolipop. 

Android Beta Merupakan versi pertama sistem operasi Android yang dirilis oleh Google tepatnya pada tanggal 5 November 2007.

Android 1.0 Astro Sistem operasi ini pertama kali diperkenalkan pada 23 September 2008. Nama Astro kemudian dihilangkan karena ada masalah hak cipta.

Android 1.1 Bender Versi ini adalah versi update yang dirilis pada 9 Februari 2009, Ponsel T-Mobile G1 merupakan perangkat yang menggunakan sistem operasi ini.

Android 1.5 Cupcake Versi Android ini merupakan awal dari penamaan menggunakan nama dessert. Aplikasi dan fitur yang ditawarkan di antaranya ialah aplikasi kamus dan keyboard, kemampuan merekam dan memutar video dalam format MPEG-4.

Android 1.6 Donut Setelah peluncuran OS Android versi 1.5 Cupcake, Android mengupdate sistem operasinya ke versi terbarunya yaitu OS Android versi 1.6 Donut. Tidak jauh beda tampilan OS ini dengan Cupcake.

Android 2.0/2.1 Éclair Pada tahun 2009 Android mengupdate ke versi "Android Eclair". Semakin banyak penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5.

Android 2.2-2.2.3 Froyo Tidak lama dari Éclair pada tahun 2010, Android kembali mengupdate versi OS terbarunya yaitu OS Android 2.2-2.2.3 Froyo yang memiliki dukungan Adobe Flash Player.

Android 2.3 Gingerbread Android merilis OS terbarunya pada Desember 2010, perkembangan yang terjadi pada update kali ini dengan optimasi kemampuan aplikasi, bermain game dan Near Field Communication.

Android 3.0 Honeycomb dan Android 3.1 Honeycomb dirilis pada 22 Februari 2011. Berbeda dengan sistem operasi Android yang sebelumnya, Android 3.x Honeycomb dikembangkan secara khusus untuk melakukan optimasi fungsi dan aplikasi pada PC tablet.

Android 4.0–4.0.4 Ice Cream Sandwich Sistem operasi Android ini dirilis di tahun yang sama dengan Honeycomb. fitur-fitur baru yang dikembangkan pada Android versi empat ini yaitu fitur pendeteksi wajah, memaksimalkan kualitas fotografi serta resolusi dan grafis gambar yang sangat memuaskan.

Android 4.1-4.3 Jelly Bean Android terus melakukan pengembangannya lewat OS versi terbarunya yaitu Jelly Bean. Dalam versi terbarunya ini, terdapat pembaharuan peningkatan input keyboard yang semakin lengkap dan pencarian Google Now yang mampu memberikan berbagai informasi mengenai cuaca dan traffic.

Android 4.4 Kitkat ini mampu memberikan tampilan status bar transparan serta dapat beroperasi secara optimal pada perangkat berspesifikasi rendah. Android juga memperbarui User Interface pada program Google Maps Navigation dan Alarms.

Android 5.0 Lollipop Nama permen bulet ini dirilis pada Juni 2014. Yang di tawarkan dalam versi ini ialah interface baru serta beberapa perbaikan pada akses notifikasi yang lebih mudah. Perubahan platform dengan Android Runtime menggantikan Dalvik tujuannya untuk meningkatkan performa aplikasi dan juga mengoptimalkan konsumsi energi dari baterai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar