Sabtu, 23 Januari 2016

Bahasa Indonesia Soal E

1. Tuliskan ringkasan (sinopsis) cerpen yang anda baca dalam tiga paragraf (jangan lupa tuliskan judul dan pengarangnya).
Jawab :

Judul : Persahabatan yang Perlahan Mulai Rapuh
Cerpen Karangan : Tita Larasati Tjoa

            Sebuah permainan yang bernama worldcraft. Beratus-ratus juta pemain di dalamnya baik anak-anak, remaja , dan dewasa. Dan anak Indonesia salah satunya. Di sana ada 6 anak yang bermain dan menjalani hubungan persahabatan. Nama-namanya adalah: Alif25, Rizky, Dyah, Ceni, Inha, KiraYamato.

            Mereka membentuk sebuah kelompok persahabatan yang bernama “KSB”. Hitam putih mereka jalani bersama. Setiap bertemu di world mereka selalu bercanda ria bersama. Tapi suatu hari, satu-persatu sahabat menghilang dan tidak bermain lagi. Sejak itu Ceni kesepian. Ia hanya meratapi semua yang terjadi. Semua world tempat berkumpul KSB pun telah terhapus dengan sendirinya.

            Suatu hari, Ceni bertemu dengan Alif. Ceni langsung bertanya bertubi-tubi kepada Alif. Tapi setelah itu Alif menghilang. Ceni kembali kesepian. Berbulan-bulan telah berlalu. Tiba-tiba Rizky datang. Sebelum bertemu Rizky, Ceni juga bertemu Inha. Tetapi Inha sibuk dengan teman barunya. Hanya Rizky yang selalu menghibur saat Ceni sedih. Mengapa persahabatan ini rapuh. Ceni pun bersedia menunggu dan memaafkan KSB walau ia tahu KSB tidak akan pernah bersatu lagi.


            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar