Minggu, 03 Januari 2016

Virtual Reality

Virtual Reality atau Realitas Maya adalah teknologi yang memungkinkan user berinteraksi dengan lingkungan 3 dimensi yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi, sehingga membuat user seolah-olah terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Aplikasi pada Virtual Reality biasanya digunakan pada bidang medis, arsitektur, dan penerbangan yang mempunyai resiko yang sangat besar dan membutuhkan prototype yang meniru kondisi nyata sebelum diimplementasikan.

Cara kerja Virtual Reality, user melihat suatu dunia semu yang sebenarnya merupakan gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi computer. Melalui peranti-peranti khusus Virtual Reality, user dapat berinteraksi dengan dunia semu dan mendapatkan umpan balik yang seolah-olah nyata, baik secara fisik maupun psikologis

Menurut saya teknologi realitas maya sangatlah berguna untuk membantu bidang medis ,arsitektur dan penerbangan yang mempunyai resiko besar, tetapi menurut Mychillo S di dalam bukunya membantah kenyataan yang sebetulnya itu akan mendorong kearah sejumlah perubahan penting di dalam hidup manusia dan aktivitas. Tetapi semua itu kembali lagi kepada manusianya tergantung dari sudut pandang mereka masing-masing.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar