Minggu, 24 Januari 2016

Pengertian dan jenis komet

Komet adalah benda langit yang di tutupi kabut tipis panjang dan menyerupai ekor. Komet sering di sebut bintang berekor atau lintang kemukus. Banyak ahli berpendapat bahwa komet adalah serpihan-serpihan dari tata surya yang terbentuk 4,6 miliar tahun yang lalu. Diperkirakan ada lebih dari 1.000 buah komet yang melintas dekat matahari dalam setiap abad. Dari Jumlah tersebut, hanya sedikit komet yang cukup terang sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang. Komet yang paling terkenal adalah komet Halley yang melintas dekat matahari setiap 76 tahun sekali dan muncul pada tahun 1910 dan 1986. 

Jenis-Jenis Komet
Berdasarkan bentuk dan panjang lintasannya, komet dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

1.      Komet berekor panjang, yaitu komet dengan garis lintasannya sangat jauh melalui daerah-daerah yang sangat dingin di angkasa sehingga berkesempatan menyerap gas-gas daerah yang dilaluinya. Ketika mendekati Matahari, komet tersebut melepaskan gas sehingga membentuk koma dan ekor yang sangat panjang. Contohnya, komet Kohoutek yang melintas dekat Matahari setiap 75.000 tahun sekali dan komet Halley setiap 76 tahun sekali.

2.      Komet berekor pendek, yaitu komet dengan garis lintasannya sangat pendek sehingga kurang memiliki kesempatan untuk menyerap gas di daerah yang dilaluinya. Ketika mendekati Matahari, komet tersebut melepaskan gas yang sangat sedikit sehingga hanya membentuk koma dan ekor yang sangat pendek bahkan hampir tidak berekor. Contohnya komet Encke yang melintas mendekati Matahari setiap 3,3 tahun sekali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar